EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN OBSERVASI DAN INTERPRETASI

0813023052, Usep Suhendar (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN OBSERVASI DAN INTERPRETASI. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Pendahuluan.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Tinjauan Pustaka.pdf

Download (188Kb) | Preview
[img] Text
6. Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270Kb)
[img]
Preview
Text
7. Simpulan dan Saran.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Metodologi Penelitian.pdf

Download (212Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan observasi dan interpretasi pada materi larutan penyangga dan hidrolisis. Keterampilan observasi dan interpretasi merupakan bagian dari keterampilan proses sains (KPS). Untuk mencapai tujuan itu dalam pembelajaran diterapkan model pembelajaran problem solving yang merupakan model pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Non Equivalence Control Group Desain. Sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling dan difokuskan pada kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA3. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis maka diperoleh hasil penelitian bahwa; (1) pembelajaran dengan model problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan observasi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang dibuktikan dengan t hitung > t tabel yaitu 1,722 > 1,684 , dan (2) pembelajaran dengan model problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan interpretasi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dibuktikan t hitung > t tabel yaitu 1,77 > 1,684

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 23 Nov 2015 05:56
Last Modified: 23 Nov 2015 05:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14727

Actions (login required)

View Item View Item