UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN KARTU BERGAMBAR PADA KELAS I SD NEGERI 2 GUNUNG TERANG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

1013069157, TURAIYAH UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN KARTU BERGAMBAR PADA KELAS I SD NEGERI 2 GUNUNG TERANG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digitalk Library.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Turaiyah.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (404Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar lampiran.pdf

Download (310Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA Turaiyah.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar tabel.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar.pdf

Download (539Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
motto.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
persetujuan.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
riwayat hidup.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Turaiyah Bab 2.pdf

Download (139Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Turaiyah Bab 3.pdf

Download (232Kb) | Preview
[img] Text
Turaiyah Bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (184Kb)
[img]
Preview
Text
Turaiyah Bab I.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Turaiyah Bab5.pdf

Download (7Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media kartu gambar dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik (bidang studi IPA, Matematika dan Bahasa Indonesia) pada siswa kelas I SD Negeri 2 Gunung Terang Bandarlampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus. Pada tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Pada masing-masing siklus terdiri dari empat tahap tindakan, yaitu: perencanaan (planning), implementasi (tindakan), observasi (pengamatan) dan refleksi. Pada setiap akhir siklus dilakukan tes hasil belajar dengan soal pilihan jamak. Hasil tes tersebut kemudian dihitung untuk menentukan pencapaian KKM. Aspek lain yang diamati dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa dan aktivitas guru yang diamati oleh observer menggunakan lembar observasi. Data hasil belajar diperoleh dengan mencari rata-rata, lalu dipersentasekan untuk penentuan pencapaian KKM oleh siswa. Hasil belajar siswa pada tiga mata pelajaran yang ditematikkan mengalami peningkatan yang cukup baik. Pada pelajaran IPA hasil belajar siswa meningkat dibandingkan sebelum tindakan sehingga siswa yang tuntas menjadi 50%, pada siklus II menjadi 60% dan pada siklus III menjadi 80%. Pada pelajaran Matematika hasil belajar siswa di siklus I mengalami peningkatan sehingga siswa yang tuntas menjadi 50% dibanding sebelum tindakan, pada siklus II menjadi 60% dan pada siklus III menjadi 77%. Sedangkan pada pelajaran Bahasa Indonesia hasil belajar siswa meningkat sehingga siswa yang tuntas menjadi 53% dibanding sebelum tindakan, pada siklus II menjadi 67% dan pada siklus III menjadi 86%. Hasil aktivitas siswa mengalami peningkatan rata-rata nilai, pada siklus I mencapai 14,5, siklus II menjadi 16,5 dan siklus III menjadi 19,5. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan kartu gambar gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I SDN 2 Gunung Terang. Kata kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik, Media, Kartu Bergambar.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 23 Nov 2015 05:57
Last Modified: 23 Nov 2015 05:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14737

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir