1013069157, TURAIYAH UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN KARTU BERGAMBAR PADA KELAS I SD NEGERI 2 GUNUNG TERANG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digitalk Library.
|
Text
abstrak.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
Text
Cover Turaiyah.pdf Download (161Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (404Kb) | Preview |
|
|
Text
daftar lampiran.pdf Download (310Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA Turaiyah.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
Text
daftar tabel.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
Text
kata pengantar.pdf Download (539Kb) | Preview |
|
|
Text
motto.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
Text
pengesahan.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
Text
pernyataan.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
Text
persetujuan.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
Text
riwayat hidup.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
Text
Turaiyah Bab 2.pdf Download (139Kb) | Preview |
|
|
Text
Turaiyah Bab 3.pdf Download (232Kb) | Preview |
|
Text
Turaiyah Bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (184Kb) |
||
|
Text
Turaiyah Bab I.pdf Download (121Kb) | Preview |
|
|
Text
Turaiyah Bab5.pdf Download (7Kb) | Preview |
Abstrak
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media kartu gambar dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik (bidang studi IPA, Matematika dan Bahasa Indonesia) pada siswa kelas I SD Negeri 2 Gunung Terang Bandarlampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus. Pada tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Pada masing-masing siklus terdiri dari empat tahap tindakan, yaitu: perencanaan (planning), implementasi (tindakan), observasi (pengamatan) dan refleksi. Pada setiap akhir siklus dilakukan tes hasil belajar dengan soal pilihan jamak. Hasil tes tersebut kemudian dihitung untuk menentukan pencapaian KKM. Aspek lain yang diamati dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa dan aktivitas guru yang diamati oleh observer menggunakan lembar observasi. Data hasil belajar diperoleh dengan mencari rata-rata, lalu dipersentasekan untuk penentuan pencapaian KKM oleh siswa. Hasil belajar siswa pada tiga mata pelajaran yang ditematikkan mengalami peningkatan yang cukup baik. Pada pelajaran IPA hasil belajar siswa meningkat dibandingkan sebelum tindakan sehingga siswa yang tuntas menjadi 50%, pada siklus II menjadi 60% dan pada siklus III menjadi 80%. Pada pelajaran Matematika hasil belajar siswa di siklus I mengalami peningkatan sehingga siswa yang tuntas menjadi 50% dibanding sebelum tindakan, pada siklus II menjadi 60% dan pada siklus III menjadi 77%. Sedangkan pada pelajaran Bahasa Indonesia hasil belajar siswa meningkat sehingga siswa yang tuntas menjadi 53% dibanding sebelum tindakan, pada siklus II menjadi 67% dan pada siklus III menjadi 86%. Hasil aktivitas siswa mengalami peningkatan rata-rata nilai, pada siklus I mencapai 14,5, siklus II menjadi 16,5 dan siklus III menjadi 19,5. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan kartu gambar gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I SDN 2 Gunung Terang. Kata kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik, Media, Kartu Bergambar.
Tipe Karya Ilmiah: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 23 Nov 2015 05:57 |
Last Modified: | 23 Nov 2015 05:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14737 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |