Hamidi Bahrien, ALQOSHOSH ‘ALASTIHYA’ HAMID (2014) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET DENGAN METODE DISCOVERY TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 20 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (114Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (143Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (290Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (876Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1663Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Aktivitas belajar siswa menentukan keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Hasil observasi di SMP Negeri 20 Bandar lampung, diketahui bahwa aktivitas dan penguasaan materi siswa masih cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar leaflet dengan metode discovery terhadap aktivitas dan penguasaan materi siswa. Desain penelitian ini adalah pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIB dan VIIA yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji U pada taraf kepercayaan 5% melalui SPSS 17. Data kualitatif berupa data aktivitas siswa dan tanggapan siswa terhadap penggunaan bahan ajar leaflet dengan metode discovery. Alqoshosh ‘Alastihya’ Hamid Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar leaflet dengan metode discovery dapat meningkatkan penguasaan materi dengan rata-rata nilai pretes (37,64); postes (69,41); dan N-gain (50,64). Aktivitas belajar juga mengalami peningkatan untuk semua aspek yang diamati pada kelas eskperimen, yaitu aspek bekerjasama dalam kelompok (92,16%); aspek melakukan diskusi (82,35%); dan aspek mempresentasikan hasil diskusi (75,49%). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan bahan ajar leaflet dengan metode discovery. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan bahan ajar leaflet dengan metode discovery dapat meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Kata kunci : bahan ajar leaflet, ekosistem, metode discovery, aktivitas siswa, penguasaan materi.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 06 May 2014 06:33 |
Terakhir diubah: | 06 May 2014 06:33 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1476 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |