PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET DENGAN METODE DISCOVERY TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 20 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013)

Hamidi Bahrien, ALQOSHOSH ‘ALASTIHYA’ HAMID (2014) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET DENGAN METODE DISCOVERY TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 20 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (143Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (290Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (876Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1663Kb) | Preview

Abstrak

Aktivitas belajar siswa menentukan keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Hasil observasi di SMP Negeri 20 Bandar lampung, diketahui bahwa aktivitas dan penguasaan materi siswa masih cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar leaflet dengan metode discovery terhadap aktivitas dan penguasaan materi siswa. Desain penelitian ini adalah pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIB dan VIIA yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji U pada taraf kepercayaan 5% melalui SPSS 17. Data kualitatif berupa data aktivitas siswa dan tanggapan siswa terhadap penggunaan bahan ajar leaflet dengan metode discovery. Alqoshosh ‘Alastihya’ Hamid Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar leaflet dengan metode discovery dapat meningkatkan penguasaan materi dengan rata-rata nilai pretes (37,64); postes (69,41); dan N-gain (50,64). Aktivitas belajar juga mengalami peningkatan untuk semua aspek yang diamati pada kelas eskperimen, yaitu aspek bekerjasama dalam kelompok (92,16%); aspek melakukan diskusi (82,35%); dan aspek mempresentasikan hasil diskusi (75,49%). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan bahan ajar leaflet dengan metode discovery. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan bahan ajar leaflet dengan metode discovery dapat meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Kata kunci : bahan ajar leaflet, ekosistem, metode discovery, aktivitas siswa, penguasaan materi.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 06 May 2014 06:33
Last Modified: 06 May 2014 06:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1476

Actions (login required)

View Item View Item