Tahmid., EKA RAHMAWATI (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR RASIONAL SISWA PADA MATERI POKOK PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Waway Karya Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (466Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (756Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (39Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (5Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kemampuan berpikir rasional dalam belajar harus dimiliki oleh siswa untuk memperoleh keberhasilan belajar siswa yang optimal. Namun, berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi yang mengajar di kelas VII SMP Negeri Waway Karya Lampung Timur diketahui bahwa kemampuan berpikir rasional oleh siswa masih kurang dikembangkan dan didominasi oleh guru. Satu alternatif yang dapat digunakan untuk membuat siswa aktif dalam berpikir rasional yaitu dengan model Example Non Example . Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretes-postes tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIa sebagai kelas eksperimen dan VIIb sebagai kelas kontrol yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa data KBR yang diperoleh dari rata-rata nilai Eka rahmawati iii pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji Mannwhitney U pada taraf kepercayaan 95% dan data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa yang diambil dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa terhadap model Example Non Example. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan rata-rata nilai pretes dan postes kemampuan berpikir rasional oleh siswa yang diukur dengan N-gain pada kelas eksperimen dengan rata-rata 73,15 lebih tinggi daripada rata-rata pada kelas kontrol yaitu 54,67. Indikator kemampuan berpikir rasional dengan kriteria tinggi sekali yang dicapai siswa melalui model Example Non Example, yakni indikator menggali informasi,mengolah informasi, dan mengambil keputusan. Aktivitas belajar siswa yang menggunakan model Example Non Example, juga mengalami peningkatan dari pertemuan I dengan rata-rata 74,99 meningkat pada pertemuan II dengan rata-rata 83,08. Aspek mengemukakan ide/ gagasan berkriteria sangat baik,aspek bertukar informasi, mengajukan pertanyaan, dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok merupakan aktivitas dengan kriteria baik yang dicapai siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model Example Non Example, Kata kunci: Model Example Non Example, kemampuan berpikir rasional, aktivitas belajar, pencemaran dan keruakan lingkungan .
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 06 May 2014 06:33 |
Terakhir diubah: | 06 May 2014 06:33 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1478 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |