1013079164, Wartini (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SDN 2 LEMATANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (196Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (213Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (215Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (239Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (188Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
kata pengantar.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
mengesahkan.pdf Download (128Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (188Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (163Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Berdasarkan observasi penulis pada peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Lematang berjumlah 25 siswa. Untuk pembelajaran IPS ada 15 siswa yang tidak tuntas dan 10 siswa yang tuntas. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPS tentang perkembangan teknologi komunikasi. Berdasarkan latar belakang masalah siswa kelas IV Negeri 2 Lematang hasil belajar dibawah KKM sebanyak 15 siswa karena pada siklus I tidak menggunakan pembelajaran kooperatif, setelah menggunakan pembelajaran kooperatif siswa mengalami peningkatan, yang dibawah KKM menjadi 2 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas/classroom Action Research sebanyak 3 putaran. Setiap putaran terdiri 4 tahap yaitu : Rencana Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I 40%, siklus II 80% dan siklus III 92%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu pembelajaran IPS. Kata kunci : Melalui Pembelajaran Kooperatif.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 23 Nov 2015 06:01 |
Terakhir diubah: | 23 Nov 2015 06:01 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14790 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |