UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SDN 2 LEMATANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

1013079164, Wartini (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SDN 2 LEMATANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (196Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (213Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (215Kb) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (239Kb)
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (188Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cv.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
mengesahkan.pdf

Download (128Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
motto.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan.pdf

Download (188Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
persetujuan.pdf

Download (163Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Berdasarkan observasi penulis pada peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Lematang berjumlah 25 siswa. Untuk pembelajaran IPS ada 15 siswa yang tidak tuntas dan 10 siswa yang tuntas. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPS tentang perkembangan teknologi komunikasi. Berdasarkan latar belakang masalah siswa kelas IV Negeri 2 Lematang hasil belajar dibawah KKM sebanyak 15 siswa karena pada siklus I tidak menggunakan pembelajaran kooperatif, setelah menggunakan pembelajaran kooperatif siswa mengalami peningkatan, yang dibawah KKM menjadi 2 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas/classroom Action Research sebanyak 3 putaran. Setiap putaran terdiri 4 tahap yaitu : Rencana Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I 40%, siklus II 80% dan siklus III 92%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu pembelajaran IPS. Kata kunci : Melalui Pembelajaran Kooperatif.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 23 Nov 2015 06:01
Last Modified: 23 Nov 2015 06:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14790

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir