1013079249, Nurhasanah (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS V SDN TAMAN BARU KECAMATAN PENENGAHAN. Digital Library.
|
File PDF
Abstrak.pdf Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1 Ana.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover2.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar gambar.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi Ana.pdf Download (491Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar tabel.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Kata pengantar ana.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Motto.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Riwayat hidup.pdf Download (5Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran matematika di SDN Taman Baru Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan. Salah satu metode yang dianggap tepat untuk meningkatkan hasil belajar matematika adalah metode diskusi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri atas dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data digunakan observasi dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar observasi siswa dalam proses pembelajaran untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut terlihat dari aktivitas prasiklus yaitu 62,57 menjadi 66,62 pada siklus 1, dan 68,38 pada siklus 2. Peningkatan aktivitas belajar siswa dari prasiklus hingga siklus 2 sebesar 5.81. Hasil belajar siswa juga meningkat. Dari nilai rata-rata prasiklus 54.3 menjadi 59,5 pada siklus 1, dan 63,57 pada siklus 2. Peningkatan hasil belajar siswa dari prasiklus hingga siklus 2 sebesar 9,27. Peningkatan hasil belajar siswa dapat juga terlihat dari ketuntasan belajar siswa 42.85% pada prasiklus 61,9% menjadi 76,19% pada siklus 2. Sehingga ketuntasan belajar meningkat 33.34% dari prasiklus hingga siklus 2. Kata kunci : Metode diskusi, peningkatan aktivitas, hasil belajar, dan matematika
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 23 Nov 2015 06:02 |
Terakhir diubah: | 23 Nov 2015 06:02 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14793 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |