Yasin Hermawan, FARIDA ANDRIYANI (2014) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 22 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (118Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. HALAMAN MENYETUJUI.pdf - Published Version Download (215Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. HALAMAN MENGESAHKAN.pdf - Published Version Download (139Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (124Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (185Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (560Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (3677Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi yang mengajar di kelas VIII SMP Negeri 22 Bandar Lampung diketahui bahwa selama ini proses pembelajaran biologi masih rendah. Salah satu upaya yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan penggunaan bahan ajar leaflet dengan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar leaflet dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretes postes tak ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik clusster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, posttest dan N-gain pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia kemudian dianalisis dengan uji t dan uji U Farida Andriyani iii menggunakan bantuan program SPSS versi 17 dengan taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa rata-rata persentase aktivitas siswa yang diperoleh dari hasil observasi pada tiap pertemuan dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan bahan ajar leaflet kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar leaflet dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai pretest (50,3); posttest (84,7); dan N-gain (68,9). Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata berkriteria baik yaitu 75,4% hal ini juga terlihat dari peningkatan untuk semua aspek yang diamati yaitu mengemukakan pendapat/ide berkriteria cukup (70,8%); bertanya berkriteria baik (75,2%); bekerja sama dengan teman dalam tugas kelompok berkriteria baik (76,8%); bertukar informasi berkriteria cukup (73,7%); dan mempresentasikan hasil diskusi berkriteria baik (80,6%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar leaflet berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pokok Sistem Peredaran Darah Manusia. Kata kunci : Leaflet, Model STAD, Hasil Belajar Siswa, Aktivitas Belajar Siswa, dan Sistem Peredaran Darah Manusia.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 06 May 2014 08:23 |
Terakhir diubah: | 06 May 2014 08:23 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1483 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |