MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GADINGREJO SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2011/2012

1013119010, Edy Purnanto (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GADINGREJO SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 1.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2.pdf

Download (237Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 3.pdf

Download (354Kb) | Preview
[img] File PDF
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (361Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab 5.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar lampiran.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftyar pustaka.pdf

Download (212Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengantar.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (82Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model bermain peran (role playing) siswa Kelas V SD Negeri 1 Gadingrejo Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, observasi dan tes. Sedangkan analisis data menggunakan cara deskriptif yaitu dengan maneganalisis data perkembangan hasil belajar siswa dari siklus ke siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan nilai kognitif terjadi dalam setiap siklusnya. Nilai rata-rata siklus I sebesar 62,41, pada siklus II sebesar 66,30 dan siklus III sebesar 69,26. Dari segi ketuntasan belajar klasikal, pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 44,44%, siklus II mencapai 77,78% dan siklus III 96,30%. Dalam penelitian ini selain aspek kognitif yang mengalami peningkatan, ternyata juga terjadi peningkatan nilai aspek psikomotorik dan afektif pada setiap siklusnya. Nilai rata-rata aspek psikomotorik dari siklus I, II dan III berturut-turut adalah 30,00, 33,96 dan 38,26 dengan kategori semuanya cukup berhasil. Nilai rata-rata aspek afektif dari siklus I, II dan III berturut-turut adalah 30,04, 33,63 dan 36,96 dengan kategori semuanya cukup berhasilDalam penelitian ini selain aspek kognitif yang mengalami peningkatan, ternyata juga terjadi peningkatan nilai aspek psikomotorik dan afektif pada setiap siklusnya. Nilai rata-rata aspek psikomotorik dari siklus I, II dan III berturut-turut adalah 30,00, 33,96 dan 38,26 dengan kategori semuanya cukup berhasil. Nilai rata-rata aspek afektif dari siklus I, II dan III berturut-turut adalah 30,04, 33,63 dan 36,96 dengan kategori semuanya cukup berhasil Kata kunci: hasil belajar, model bermain peran role playing, belajar dan pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 26 Nov 2015 04:04
Terakhir diubah: 26 Nov 2015 04:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14847

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir