Gugup Santoso, MARTINA KRISTA RATNA SARI (2014) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR BROSUR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Punggur Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (167Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (149Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (149Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (187Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (128Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (335Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (439Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (3513Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Keterampilan Berpikir Kritis (KBK) merupakan salah satu bentuk keterampilan berpikir yang harus dikembangkan pada siswa. Hasil observasi di kelas VII SMP Negeri 2 Punggur menunjukkan bahwa KBK siswa masih rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar brosur dalam meningkatkan KBK siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain pretes postes non equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII C yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji t dan uji U dengan bantuan program SPSS versi 16. Data kualitatif berupa deskripsi angket tanggapan dan aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari hasil observasi pada setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar brosur dapat meningkatkan KBK siswa dengan rata-rata nilai pretes (30,94); postes (78,44); dan N-gain (71,54). Aktivitas belajar juga mengalami peningkatan untuk semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen, yaitu mengemukakan ide/gagasan (78,65%); bekerja sama (berkomunikasi) dengan anggota kelompok (81,77%); mempresentasikan hasil diskusi kelompok (79,69%); dan mengajukan pertanyaan (78,65%). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan bahan ajar brosur. Hasil angket menunjukkan bahwa sebagian besar siswa (96,35%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan brosur sebagai bahan ajar. Dengan demikian, pembelajaran dengan bantuan bahan ajar brosur berpengaruh secara signifikan terhadap KBK siswa pada materi pokok pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan. Kata kunci: bahan ajar brosur, Keterampilan Berpikir Kritis (KBK), aktivitas belajar siswa, pengelolaan lingkungan, pencemaran dan kerusakan lingkungan. Martina Krista Ratna Sari
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 06 May 2014 08:57 |
Terakhir diubah: | 06 May 2014 08:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1485 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |