Syamsuir, Novi Yolanda (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI EKOSISTEM (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 23 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (110Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (154Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (136Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (113Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (164Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (313Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (411Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2206Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar oleh siswa pada materi pokok sistem ekosistem yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan NHT. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIa sebagai kelas eksperimen I dan siswa kelas VIIc sebagai kelas eksperimen II yang dipilih secara acak dengan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian berupa N- gain yang diperoleh dari nilai pretest pada pertemuan pertama dan nilai posttest pada pertemuan kedua. Analisis data menggunakan uji–U pada aktivitas belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw sebesar 77% lebih tinggi, dibandingkan dengan kelas yang mengggunakan model pembelajaranNHT sebesar 71%. Dan aspek aktivitas yang diamati tertinggi pada kelas Jigsaw yaitu pada saat memperhatikan presentasi teman sedangkan untuk kelas NHT tertinggi pada saat bertanya. Taraf kepercayaan 5% menggunakan program SPSS 17. Novi Yolanda i i ii Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perbedaan hasil belajar siswa pada materi pokok ekosistem yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan NHT; (2) hasil belajar materi pokok ekosistem pada siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Jigsaw (N-gain 64,56) lebih tinggi daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran NHT (N-gain 57,78); (3) aktivitas belajar siswa yang meliputi aktivitas mengemukakan pendapat, bertanya, bekerja sama, bertukar informasi, dan membuat kesimpulan yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw (77,00) lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran NHT (71,00). Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar, aktivitas belajar siswa pada materi pokok Ekosistem. Kata kunci : Jigsaw, NHT, Hasil Belajar, Ekosistem.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 08 May 2014 03:42 |
Terakhir diubah: | 08 May 2014 03:42 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1486 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |