1013119117, Ahmad Hakim (2012) PENINGKATAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENGGUNAAN METODE KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV SDN 1 PRINGSEWU SELATAN TAHUN 2012/2013. Digital Library.
|
File PDF
asbstrak.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (200Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (213Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (422Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (250Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (181Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (200Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar diagram.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar lampiran.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengantar.pdf Download (186Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (194Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (186Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Matematika merupakan ilmu yang sangat penting diberikan pada jenjang pendidikan dasar supaya siswa memperoleh pengetahuan , ketrampilan, sikap dan kepekaan untuk menghadapi hidup dengan tantangan-tantangannya. Kesemua ini tak lepas dari peran dan perhatian guru dalam mengajar. Berdasarkan pengamatan, prestasi dan aktivitas belajar Matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pringsewu Selatan masih rendah. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran Matematika guru lebih mendominasi dalam pembelajaran, kurang member kesempatan pada siswa untuk berani menyampaikan ide/gagasan, maupun pikirannya sehingga siswa menjadi pasif dan cepat bosan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar Matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pringsewu Selatan semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 dengan penggunaan metode kerja kelompok. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, pada siklus 1 terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus 2 juga 2 kali pertemuan. Pada prestasi belajar siswa pada siklus 1 dengan ketuntasan belajar mencapai 61%. Pada siklus 2 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 88%. Pada aktivitas belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya.dari siklus 1 indikator bertanya yaitu (23%) meningkat pada siklus 2 menjadi (42%), untuk indikator menjawab pertanyaan pada siklus 1 (23%), meningkat menjadi (57%) pada siklus 2.begitu pula pada indikator kerja kelompok siklus 1 (61%) meningkat (80%) pada siklus 2, memberikan ide/pendapat pada silkus 1 (19% meningkat menjadi (46%) dan memberikan tanggapan pada saat presentasi juga mengalami peningkatan dari (11%) menjadi (38%). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa metode kerja kelompok dapat meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar Matematika siswa kelas IV SDN 1 Pringsewu Selatan semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Kata kunci : prestasi, aktivitas belajar, metode kerja kelompok.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 26 Nov 2015 04:05 |
Terakhir diubah: | 26 Nov 2015 04:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14869 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |