HUBUNGAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG SEJARAH PERGERAKAN NASIONAL DENGAN KETAHANAN NASIONAL SISWA KELAS X DI SMK N 4 BANDAR LAMPUNGTAHUN AJARAN 2011/2012

0713033013, Aan Budianto (2012) HUBUNGAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG SEJARAH PERGERAKAN NASIONAL DENGAN KETAHANAN NASIONAL SISWA KELAS X DI SMK N 4 BANDAR LAMPUNGTAHUN AJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
2.ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3.riwayat hidup.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4.motto.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6.DAFTAR ISI.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (124Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III fix.pdf

Download (189Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV fix.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (281Kb)
[img]
Preview
File PDF
Bab V.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover2.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (13Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pendidikan menjadi elemen penting bagi ketahanan nasional bangsa untuk menanggulangi segala bentuk hambatan, ancaman dan gangguan yang datang baik dari luar maupun dari dalam. Ancaman saat ini yang terasa begitu nyata dikalangan pelajar adalah sikap dan rasa nasionalisme yang semakin menipis. Sejarah pergerakan nasional merupakan suatu pelajaran ilmu pengetahuan sosial yang memaparkan tentang bagaimana pemuda pada awal abad XX mampu berjuang dengan jalur dan strategi yang berbeda dari masa sebelumnya. Dengan mempelajari materi sejarah pergerakan nasional diharapkan dapat meningkatkan nasionalisme pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan pemahaman siswa tentang Sejarah pergerakan nasional dengan ketahanan nasional siswa kelas X di SMK Negeri 4 Bandar lampung tahun ajaran 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 4 bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 404 orang siswa, dan besarnya sampel dalam penelitian ini adalah 81 orang siswa. Penelitian yang dilakukan ini adalah merupakan penelitian sampel. Untuk mengetahui apakah sampel terdistribusi secara normal atau tidak, dilakukan uji coba normalitas sampel dengan menggunakan rumus Chi Kuadrat. Hasil pengujian normalitas sampel dengan menggunakan rumus Chi Kuadrat bahwa data tidak terdistribusi secara normal, oleh karena itu digunakan uji nonparametrik untuk analisisnya. Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa ada hubungan pemahaman siswa tentang sejarah pergerakan nasional Indonesia dengan rasa dan sikap nasionalisme. Hal ini ditunjukan dengan r hitung > 0,5 atau 0,703 > 0,5 dengan koefisien korelasi (r) = 0.703 dan koefisien determinasi (r ) sebesar 0, 4949 yang berarti pemahaman siswa tentang sejarah pergerakan nasional Indonesia mempunyai hubungan sebesar 49,49% dalam pembentukan nasionalisme siswa di sekolah.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 30 Nov 2015 02:46
Terakhir diubah: 30 Nov 2015 02:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14880

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir