PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGSAW TERHADAP PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM GERAK PADA MANUSIA (Studi Ekperimen Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Way Seputih Tahun Pelajaran 2013/2014)

Wagiran (Alm), RUWANTI (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGSAW TERHADAP PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM GERAK PADA MANUSIA (Studi Ekperimen Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Way Seputih Tahun Pelajaran 2013/2014). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (298Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN MENYETUJUI.pdf - Published Version

Download (158Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN MENGESAHKAN.pdf - Published Version

Download (113Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (164Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (244Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (417Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1659Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil observasi di kelas VIII SMP Negeri 2 Way Seputih diketahui bahwa penguasaan materi siswa masih rendah, sehingga diperlukan suatu kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw terhadap penguasaan materi oleh siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain tes awal tes akhir kelompok pembanding. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIC dan VIIID yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji U dengan SPSS 17. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Ruwanti iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berkriteria cukup (

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 08 May 2014 03:42
Terakhir diubah: 08 May 2014 03:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1489

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir