PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen pada siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Punggur Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013 Pada Materi Pokok mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan)

Maryono, Siti Fatimah (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen pada siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Punggur Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013 Pada Materi Pokok mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (205Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (119Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (150Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (225Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (357Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (53Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (5Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil observasi dan wawancara dengan guru Biologi di SMP Negeri 2 Punggur, diketahui bahwa guru belum menggali kemampuan berpikir kritis siswa sehingga keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran kurang optimal. Oleh karena itu, perlu adanya kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran NHT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes postes non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIC dan VIID yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa keterampilan berpikir kritis yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji Mann-Whitney iii U. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan model NHT yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pada indikator keterampilan berpikir kritis siswa, yaitu memberikan penjelasan dasar (60,83%); kemempuan memberikan alasan (54,17%); dan memberikan alternatif solusi (85,00%). Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu bekerjasama dalam kelompok (90,83%); mengemukakan ide/gagasan (84,16%); mengajukan pertanyaan (72,50%); menjawab pertanyaan (89,16%); dan mendengarkan diskusi (92,50%). Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model tipe NHT dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan aktivitas siswa. Kata kunci : aktivitas belajar siswa, keterampilan berpikir kritis siswa, numbered head together. Siti Fatimah

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 08 May 2014 03:44
Terakhir diubah: 08 May 2014 03:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1493

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir