PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PERTAHANAN TUBUH OLEH SISWA (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013)

Musriadi, SRI WIRAHAYU (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PERTAHANAN TUBUH OLEH SISWA (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
3. COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (225Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (213Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (301Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (584Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2908Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Aktivitas belajar berperan penting dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya yaitu mempengaruhi kemampuan siswa dalam menguasai materi pelajaran. Hasil observasi di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono, menunjukkan bahwa aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa masih rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran NHT dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar yang Sri Wirahayu iii diperoleh melalui observasi serta data pendukung berupa deskripsi tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran NHT yang diperoleh melalui penyebaran angket. Data kuantitatif diperoleh melalui pemberian pretes dan postes, kemudian rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain dianalisis secara statistik menggunakan uji t dan uji U dengan SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran NHT meningkatkan semua aspek aktivitas belajar dengan rata-rata peningkatan berkriteria baik (78,89 ± 12,60). Pada aspek membentuk kelompok (92,22); memberikan ide/pendapat (83,33); menjawab pertanyaan (77,78); dan menanggapi jawaban pertanyaan (62,22). Penguasaan materi juga meningkat dengan rata-rata nilai pretes (31,99); postes (72,22); dan N-gain (61,52). Besarnya peningkatan penguasaan materi pada indikator C2 (58,37) dan C4 (63,15); dengan rata-rata peningkatan (60,76 ± 3,38). Adapun kriteria peningkatan perbutir soal pada indikator C2 dan C4 adalah sama, yaitu sangat tinggi (soal no. 4 dan 2); tinggi (soal no. 5 dan 6); dan sedang (soal no. 3 dan 1). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran NHT. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran NHT berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas belajar dan berpengaruh signifikan dalam meningkatkan penguasaan materi oleh siswa. Kata kunci: aktivitas belajar, model pembelajaran NHT, penguasaan materi, sistem pertahanan tubuh

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 08 May 2014 03:44
Terakhir diubah: 08 May 2014 03:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1495

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir