KONTRIBUSI KEAKTIFAN DAN PERSEPSI GURU GEOGRAFI TERHADAP MANFAAT MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) DENGAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA PROSES PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA/MA DI KOTA BANDAR LAMPUNG

0613034020, Dewi Eliya Sari KONTRIBUSI KEAKTIFAN DAN PERSEPSI GURU GEOGRAFI TERHADAP MANFAAT MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) DENGAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA PROSES PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA/MA DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK lembar 2.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I DEWI.pdf

Download (211Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II DEWI.pdf

Download (248Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III DEWI.pdf

Download (476Kb) | Preview
[img] Text
bab IV b.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V DEWI.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] Text
BAB IVa DEWI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656Kb)
[img]
Preview
Text
COVER 2 lembar 3.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER lembar 1.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR 13.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI 11.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL LEMBAR 12.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Judul Skripsi lembar 4.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN lembar 5.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO lembar 8.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN lembar 9.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP Lembar 7.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA lembar 10.pdf

Download (117Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN lembar 6.pdf

Download (4Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi keaktifan dan persepsi guru geografi terhadap manfaat Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dengan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran geografi SMA/MA di Kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif. Masalah yang diteliti meliputi 3 variabel, terdiri dari 2 variabel bebas yaitu keaktifan guru dalam MGMP (X1), persepsi guru terhadap manfaat MGMP (X2) dan variable terikat yaitu kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran (Y). Populasi dalam penelitian ini 110 guru, sedangkan sampel penelitian sebanyak 55 (55%) dengan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi dan observasi. Analisis data dilakukan dengan korelasi sederhana dan korelasi ganda serta teknik pengumpulan data menggunakan rumus Korelasi Product Moment dengan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat kontribusi positif, erat dan signifikan keaktifan guru mengikuti MGMP terhadap kemampuan guru Geografi SMA/MA di Kota Bandar Lampung dengan mengelola pembelajaran. Ini dapat ditunjukkan dari hasil perhitungan dari R2xy (R Squre) yaitu 0,677 atau 67,7%. Kontribusi tersebut bernilai positif sebesar 67,7 %, berarti keaktifan guru geografi dalam mengikuti MGMP memberikan sumbangan positif terhadap kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran geogragi SMA/MA di Kota Bandar Lampung sebesar 67,7 %. Hal ini berarti ada sumbangan positif keaktifan guru geografi dalam mengikuti kegiatan MGMP Geografi, maka akan semakin baik kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran geografi SMA/MA di Kota Bandar Lampung. (2) Terdapat kontribusi positif dan signifikan persepsi guru terhadap manfaat MGMP dengan kemampuan guru Geografi SMA/MA di Kota Bandar Lampung dalam mengelola pembelajaran. Ini dapat ditunjukkan dari hasil perhitungan dari R2 (R Square) yaitu 0.609 atau 60,9%. Kontribusi tersebut bernilai positif sebesar 60,9%, berarti persepsi guru terhadap manfaat MGMP memberikan sumbangan positif terhadap kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran geografi SMA/MA di Kota Bandar Lampung sebesar 60,9%. Hal ini berarti ada sumbangan positif persepsi guru geografi terhadap manfaat MGMP, maka akan semakin baik kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran geografi SMA/MA di Kota Bandar Lampung. (3) Terdapat kontribusi positif, erat dan signifikan keaktifan dan persepsi guru geografi terhadap manfaat MGMP dengan kemampuan guru Geografi SMA/MA di Kota Bandar Lampung dalam mengelola pembelajaran geografi. Ini dapat ditunjukkan dari hasil perhitungan dari R2 (R Square) yaitu 0.784 atau 78,4%. Kontribusi tersebut bernilai positif sebesar 78,4%, berarti keaktifan guru mengikuti MGMP dan persepsi guru terhadap manfaat MGMP secara bersama-sama memberikan sumbangan positif terhadap kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran geografi SMA/MA di Kota Bandar Lampung sebesar 78,4%. Hal ini berarti ada sumbangan positif keaktifan dan persepsi guru terhadap manfaat MGMP Geografi secara bersama-sama, maka akan semakin baik kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran geografi SMA/MA di Kota Bandar Lampung.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Depositing User: UPT . TIK5
Date Deposited: 02 Dec 2015 04:59
Last Modified: 02 Dec 2015 04:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14966

Actions (login required)

View Item View Item