0643022021, Hendriyanto (2012) PERBANDINGAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI SMK BUDI KARYA NATAR LAMPUNG SELATAN. Digital Library.
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
III.pdf Download (389Kb) | Preview |
|
|
File PDF
II.pdf Download (298Kb) | Preview |
|
|
File PDF
I.pdf Download (197Kb) | Preview |
|
File PDF
IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (320Kb) |
||
|
File PDF
V.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. Cover.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
abstrak.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover2.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
riwayat hidup.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (86Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan signifikan penguasaan konsep fisika siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran induktif dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing; (2) Mengetahui penguasaan konsep fisika siswa yang lebih tinggi antara kelas yang menggunakan model pembelajaran induktif dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini dilakukan di SMK Budi Karya Natar Lampung Selatan dengan materi penelitian gerak lurus berubah beraturan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2011. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi eksperimen dengan disain penelitian tes awal dan tes akhir untuk mengetahui penguasaan konsep fisika siswa. Sampel diambil secara purposif Sampling. Penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen I dengan menggunakan model pembelajaran induktif dan kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah instrument tes berupa pilihan ganda dengan disertai kolom alasan. Data hasil instrument dianalisis dengan uji statistik berupa uji perbandingan nilai tes awal dan tes akhir kedua kelas. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep fisika siswa kedua kelas signifikan. Hasil tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t terhadap kedua nilai N-gain. Hasil untuk penguasaan konsep fisika siswa adalah nilai signifikan sebesar 0,001 dan nilai rata-rata (mean) model pembelajaran induktif adalah 0,6433 sedangkan model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah 0,5221. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan rata-rata penguasaan konsep fisika siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran induktif dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Hal ini menunjukkan penguasaan konsep fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran induktif lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing, sehingga model pembelajaran induktif lebih efektif dibandingkan model pembelajaran inkuiri terbimbing.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 02 Dec 2015 05:04 |
Terakhir diubah: | 02 Dec 2015 05:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14984 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |