PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Kuasi Eksperiment pada Siswa Kelas X Semester Genap MA Ma’arif 06 Pasir Sakti Tahun Ajaran 2012/2013)

Sugiarto, SULISTIYANINGSIH (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Kuasi Eksperiment pada Siswa Kelas X Semester Genap MA Ma’arif 06 Pasir Sakti Tahun Ajaran 2012/2013). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (145Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (128Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (127Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (157Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (212Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (457Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (60Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (2998Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil observasi di kelas X MA Ma’arif 06 Pasir Sakti, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa, salah satunya dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif index card match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif index card match terhadap hasil belajar kognitif dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes postes non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XA dan XB yang dipilih dari populasi secara random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji U dengan bantuan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa aktivitas Sulistiyaningsih iii belajar siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran aktif index card match yang telah dianalisis secara deskriptif. Mula-mula rata-rata hasil belajar siswa cukup rendah, yaitu (45.00) sedangkan pada aktivitas belajar (60.00). Penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain (65.92) > dari N-gain kelas kontrol (47.75). Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan rata-rata persentase pada kelas eksperimen (80.74) > dari kelas kontrol (62.66). Data angket menunjukkan bahwa semua (100%) merasa senang mempelajari materi ekosistem dengan menggunakan strategi pembelajaran yang digunakan. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan strategi aktif index card match berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa. Kata kunci: Aktivitas belajar, ekosistem, hasil belajar kognitif, Index Card Match, strategi Aktif

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 08 May 2014 05:39
Terakhir diubah: 08 May 2014 05:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1502

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir