0813053024, Dewi Noviani (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS V SD NEGERI 3 ADILUWIH TAHUN PELAJARAN 20112012. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (16Kb) |
||
|
File PDF
BAB II.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB V.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (76Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi 5 coi Sempurna.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Halaman Persetujua1.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Halaman Persetujuan.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (19Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran Matematika di SD Negeri 3 Adiluwih tahun pelajaran 2011/2012 masih belum melibatkan secara aktif. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Kondisi tersebut perlu solusi penyelesainnya. Menanggapi permasalah tersebut, maka dilaksanakan pendekatan kontekstual. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 3 Adiluwih. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Adiluwih, Kota Pringsewu, Provinsi Lampung, pada semester genap atau semester II tahun pelajaran 2011/2012. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terjadi pada bulan februari dan Maret tahun 2012. Metode penelitian yang digunakan berbentuk siklus, siklus ini tidak hanya berlangsung satu kali, tetapi beberapa kali hingga tercapai tujuan yang diharapkan dalam pembelajaran Matematika di kelas. Setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok, yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (act), pengamatan (observe), dan refleksi (reflect). Hasil belajar siswa pada penelitian ini meningkat mulai dari siklus I sampai siklus III. Secara berurutan persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 26siswa atau 68,42% siswa lulus KKM, siklus II sebanyak 32 siswa atau 84,21% siswa lulus KKM, dan siklus III sebanyak 35 siswa atau 92,11% siswa lulus KKM. Selain itu, aktivitas siswa juga selalu mengalami peningkatan, secara berurutan nilai aaktiviras siswa dalam penelitian ini adalah 2,11 pada siklus I, 2,67 pada siklus II, dan pada siklus III mencapai 3,44 Dari penelitian ini dapat disimpulan bahwa dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Adiluwih tahun pelajaran 2011/2012.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 02 Dec 2015 05:01 |
Terakhir diubah: | 02 Dec 2015 05:01 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15038 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |