0813053024, Dewi Noviani (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS V SD NEGERI 3 ADILUWIH TAHUN PELAJARAN 20112012. Other thesis, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (16Kb) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (76Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi 5 coi Sempurna.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
Text
Halaman Persetujua1.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
Text
Halaman Persetujuan.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
Text
MENGESAHKAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (19Kb) | Preview |
Abstrak
Pembelajaran Matematika di SD Negeri 3 Adiluwih tahun pelajaran 2011/2012 masih belum melibatkan secara aktif. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Kondisi tersebut perlu solusi penyelesainnya. Menanggapi permasalah tersebut, maka dilaksanakan pendekatan kontekstual. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 3 Adiluwih. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Adiluwih, Kota Pringsewu, Provinsi Lampung, pada semester genap atau semester II tahun pelajaran 2011/2012. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terjadi pada bulan februari dan Maret tahun 2012. Metode penelitian yang digunakan berbentuk siklus, siklus ini tidak hanya berlangsung satu kali, tetapi beberapa kali hingga tercapai tujuan yang diharapkan dalam pembelajaran Matematika di kelas. Setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok, yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (act), pengamatan (observe), dan refleksi (reflect). Hasil belajar siswa pada penelitian ini meningkat mulai dari siklus I sampai siklus III. Secara berurutan persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 26siswa atau 68,42% siswa lulus KKM, siklus II sebanyak 32 siswa atau 84,21% siswa lulus KKM, dan siklus III sebanyak 35 siswa atau 92,11% siswa lulus KKM. Selain itu, aktivitas siswa juga selalu mengalami peningkatan, secara berurutan nilai aaktiviras siswa dalam penelitian ini adalah 2,11 pada siklus I, 2,67 pada siklus II, dan pada siklus III mencapai 3,44 Dari penelitian ini dapat disimpulan bahwa dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Adiluwih tahun pelajaran 2011/2012.
Tipe Karya Ilmiah: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 02 Dec 2015 05:01 |
Last Modified: | 02 Dec 2015 05:01 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15038 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |