0813053029, FERRY APRIYANTO (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VA SD NEGERI 8 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK Ferry (2).pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (117Kb) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (335Kb) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
Text
Cover Ferry (1).pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER Ferry (3).pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR (Viii).pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI 11 vi).pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL (vii).pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
Text
Halaman Pernyataan (6,5,4).pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
Text
hasil.pdf Download (600Kb) | Preview |
|
|
Text
Motto Feery (8).pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
Text
Persembahan Ferry (9) (i).pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
Text
Riwayat Hidup ferry (7).pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
Text
Sanwacana 10 (iv).pdf Download (15Kb) | Preview |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VA SD Negeri 8 Metro Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw di kelas VA SD Negeri 8 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui tiga siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes yang kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe jigsaw pada pembelajaran IPS kelas VA SD Negeri 8 Metro Timur dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I (49,65%), siklus II (62,75%) dan siklus III (77,54%) dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 13,1% dan dari siklus II ke siklus III sebesar 14,79%. Sementara itu ratarata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (66,29), siklus II (70,92), dan siklus III (79,44) dengan demikain terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 4,63 dan dari siklus II ke siklus III sebesar 8,52
Tipe Karya Ilmiah: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 02 Dec 2015 05:02 |
Last Modified: | 02 Dec 2015 05:02 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15040 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |