PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VA SD NEGERI 8 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2011/2012

0813053029, FERRY APRIYANTO (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VA SD NEGERI 8 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK Ferry (2).pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (117Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (335Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Ferry (1).pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER Ferry (3).pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR (Viii).pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI 11 vi).pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL (vii).pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pernyataan (6,5,4).pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
hasil.pdf

Download (600Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Motto Feery (8).pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Persembahan Ferry (9) (i).pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Riwayat Hidup ferry (7).pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Sanwacana 10 (iv).pdf

Download (15Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VA SD Negeri 8 Metro Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw di kelas VA SD Negeri 8 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui tiga siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes yang kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe jigsaw pada pembelajaran IPS kelas VA SD Negeri 8 Metro Timur dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I (49,65%), siklus II (62,75%) dan siklus III (77,54%) dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 13,1% dan dari siklus II ke siklus III sebesar 14,79%. Sementara itu ratarata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (66,29), siklus II (70,92), dan siklus III (79,44) dengan demikain terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 4,63 dan dari siklus II ke siklus III sebesar 8,52

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: . . Yulianti
Date Deposited: 02 Dec 2015 05:02
Last Modified: 02 Dec 2015 05:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15040

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir