1013069003, AHMAD RIJASI (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN METODE KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV SDN 2 LABUHAN RATU KECAMATAN KEDATON BANDAR LAMPUNG. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
BAB I.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK DAN COVER.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (118Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (323Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover2.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (8Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Labuhan Ratu. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa disebabkan karena kegiatan pembelajaran dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Salah satu metode yang dapat memfasilitasi potensi dan kemampuan siswa agar memiliki pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis serta bekerja sama dalam memecahkan suatu permasalahan adalah metode kerja kelompok. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Labuhan Ratu dalam pembelajaran matematika melalui metode kerja kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang difokuskan pada situasi kelas. Kegiatan ini dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa melalui metode kerja kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Labuhan Ratu. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran terlihat semakin meningkat, pada siklus I sebesar 68,25% dan pada siklus II sebesar 80,17% . Terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 11,92%. Begitu pula dengan hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar sebesar 70,27% dan pada siklus II siswa yang tuntas belajar sebesar 86,49% . Terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 16,22%. Berdasarkan hasil temuan pelaksanaan proses pembelajaran, peneliti merekomendasikan agar guru kelas IV SDN 2 Labuhan Ratu dapat menggunakan metode kerja kelompok dalam pembelajaran matematika agar aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 02 Dec 2015 05:03 |
Terakhir diubah: | 02 Dec 2015 05:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15043 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |