1013069003, AHMAD RIJASI (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN METODE KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV SDN 2 LABUHAN RATU KECAMATAN KEDATON BANDAR LAMPUNG. Other thesis, Universitas Lampung.
|
Text
BAB I.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK DAN COVER.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (118Kb) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (323Kb) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
Text
cover2.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GRAFIK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTTO.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (8Kb) | Preview |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Labuhan Ratu. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa disebabkan karena kegiatan pembelajaran dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Salah satu metode yang dapat memfasilitasi potensi dan kemampuan siswa agar memiliki pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis serta bekerja sama dalam memecahkan suatu permasalahan adalah metode kerja kelompok. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Labuhan Ratu dalam pembelajaran matematika melalui metode kerja kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang difokuskan pada situasi kelas. Kegiatan ini dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa melalui metode kerja kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Labuhan Ratu. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran terlihat semakin meningkat, pada siklus I sebesar 68,25% dan pada siklus II sebesar 80,17% . Terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 11,92%. Begitu pula dengan hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar sebesar 70,27% dan pada siklus II siswa yang tuntas belajar sebesar 86,49% . Terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 16,22%. Berdasarkan hasil temuan pelaksanaan proses pembelajaran, peneliti merekomendasikan agar guru kelas IV SDN 2 Labuhan Ratu dapat menggunakan metode kerja kelompok dalam pembelajaran matematika agar aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat.
Tipe Karya Ilmiah: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 02 Dec 2015 05:03 |
Last Modified: | 02 Dec 2015 05:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15043 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |