PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SDN 4 SUMBEREJO BANDAR LAMPUNG

1013069008, Antik Ririn Indriati (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SDN 4 SUMBEREJO BANDAR LAMPUNG. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
2. PTK ANTIK RIRIN INDRIATI (NPM 1013069008).pdf

Download (1044Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (127Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (236Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover2.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (14Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran IPA di kelas IV SDN 4 Sumberejo selama ini guru yang aktif menjelaskan materi pelajaran sedangkan siswa hanya mencatat dan mengerjakan soal latihan. Sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah dan belum mencapai ketuntasan belajar yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui prosedur tindakan penelitian yang terdiri dari dua siklus. Pada setiap siklus melalui beberapa tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Alat pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa berupa lembar observasi. Sedangkan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa digunakan instrumen soal/tes evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN 4 Sumberejo dengan jumlah 35 siswa. Objek yang diamati pada penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Hail penelitian menunjukkan adanya peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penggunaan metode demonstrasi. Persentase aktivitas siswa siklus I mencapai 62,50 % (aktif) dan siklus II mencapai 84,64% (sangat aktif). Ketuntasan belajar siswa siklus I mencapai 74,29 % dan pada siklus II mencapai 85,71 %.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 02 Dec 2015 05:04
Terakhir diubah: 02 Dec 2015 05:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15045

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir