1013069015, DEDY WIJAYA KUSUMA (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PANJANG UTARA BANDAR LAMPUNG. Other thesis, Universitas Lampung.
File PDF
1. PTK DEDY WIJAYA KUSUMA (NPM 1013069015).pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1080Kb) |
||
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (261Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover2.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (13Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Proses pembelajaran IPA di kelas V SDN 1 Panjang Utara kurang menarik bagi siswa. Guru berlaku sebagai sumber informasi tunggal yang memiliki posisi yang sangat dominan dalam proses pembelajaran. Akibatnya aktivitas dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi. Metode demonstrasi dipandang sebagai salah satu metode yang sangat cocok digunakan dalam pembelajaran IPA karena dapat memberikan pengalaman belajar yang konkret bagi siswa bukan sekedar teori. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SDN 1 Panjang Utara dengan jumlah 32 siswa. Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa peneliti menggunakan lembar observasi. Sedangkan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa peneliti menggunakan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase aktivitas siswa siklus I mencapai 57,81% (cukup aktif) dan siklus II 76,56% (aktif). Sedangkan hasil belajar siswa siklus I mencapai ketuntasan 75,00% dan siklus II 87,50%.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 02 Dec 2015 05:04 |
Terakhir diubah: | 02 Dec 2015 05:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15046 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |