Sari Puspa Dewi, 1113053102 (2015) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V B SD NEGERI 10 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (245Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (278Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (234Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (207Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS siswa kelas V B SD Negeri 10 Metro Pusat yang diketahui dari hasil observasi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas V B SD Negeri 10 Metro Pusat melalui penerapan model discovery learning dengan media grafis. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk data afektif dan psikomotor, sedangkan hasil belajar kognitif menggunakan tes. Data kualitatif dianalisis dengan teknik analisis kualitatif, sedangkan hasil belajar kognitif menggunakan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dengan media grafis dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V B SD Negeri 10 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini dapat dilihat dari persentase afektif siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 53,85% dengan kategori “Kurang”, pada siklus II menjadi 84,62% dengan kategori “Baik” meningkat sebesar 30,77%. Persentase psikomotor siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 42,31% dengan kategori “Kurang”, pada siklus II menjadi 80,77% dengan kategori “Baik” meningkat sebesar 38,46%. Nilai rata-rata kognitif siswa pada siklus I yaitu 65,87 dengan kategori “Cukup”, pada siklus II menjadi 75,69 dengan kategori “Baik” meningkat sebesar 9,82. Kata kunci: afektif, discovery learning, hasil belajar, kognitif, media grafis, psikomotor.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 7999044 . Digilib |
Date Deposited: | 02 Dec 2015 03:08 |
Terakhir diubah: | 02 Dec 2015 03:08 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15050 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |