1113127010, Meri Yanti (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (TEMATIK) KELAS III SDN TALANG SEPUH KECAMATAN TALANGPADANG KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (557Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (219Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (617Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (128Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR DIAGRAM.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (677Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (360Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (245Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (319Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (76Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (146Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (221Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (664Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Talang Sepuh Kecamatan Talangpadang Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2012/2013 masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui pembelajaran Kontekstual pada siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Talang Sepuh Kecamatan Talangpadang Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Talang Sepuh semester genap tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 19 siswa terdiri 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa aktivitas kinerja guru serta aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas kinerja guru diperoleh saat peneliti melaksanakan pembelajaran pada setiap siklus, aktivitas dan hasil belajar siswa diperoleh berdasarkan hasil post-test serta ketuntasan belajar pada masing-masing siklus. Instrumen yang digunakan yaitu lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan LKS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Kontekstual pada materi mengenal pecahan sederhana dapat dilaksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penerapan pembelajaran Kontekstual. Persentase aktivitas belajar siswa siklus I mendapat rata-rata 47,50% meningkat menjadi 82,50% pada siklus II. Nilai hasil belajar siswa rata-rata pada siklus I 56,32 dengan ketuntasan belajar sebesar 47,37 %, meningkat pada siklus II yaitu rata-rata 77,37 dengan ketuntasan belajar sebesar 84,21 %. Hasil penelitian menunjukkan ada perubahan aktivitas belajar siswa siklus I dan siklus II naik sebesar 35 % dan ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II naik sebesar 36,84 %. Berdasarkan data di atas diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Talang Sepuh Kecamatan Talangpadang Kabupaten Tanggamus.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | TIK . 6 |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 02:10 |
Terakhir diubah: | 07 Dec 2015 02:10 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15057 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |