PENINGKATAN AKTIVITAS BERMAIN MELALUI BELAJAR KELOMPOK PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI POSYANDU ABADI PENAWAR JAYA KECAMATAN BANJAR MARGO KABUPATEN TULANG BAWANG 2010

, Sri Haryani (2010) PENINGKATAN AKTIVITAS BERMAIN MELALUI BELAJAR KELOMPOK PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI POSYANDU ABADI PENAWAR JAYA KECAMATAN BANJAR MARGO KABUPATEN TULANG BAWANG 2010. Masters thesis, Fakultas KIP.

[img]
Preview
Text
H. SAMPUL.pdf - Published Version

Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT B. Inggris.pdf - Published Version

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK bln 2 perbaikan.pdf - Published Version

Download (126Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR IS1 2loh.pdf - Published Version

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I BS.pdf - Published Version

Download (161Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II br.pdf - Published Version

Download (293Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3 baru.pdf - Published Version

Download (253Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV perbaikan bu sri.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (218Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V terbaru.pdf - Published Version

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA BS.pdf - Published Version

Download (162Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan mendiskripsikan (1) persiapan pembelajaran melalui belajar kelompok, (2) proses belajar kelompok yang dapat meningkatkan aktivitas bermain, (3) sistem evaluasi yang dilakukan dalam pembelajaran. (4) peningkatan aktivitas bermain sesudah belajar kelompok. Penelitian dilakukan dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dirancang melalui perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi pada PAUD Abadi Penawar Jaya. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Siklus I dilaksanakan dengan belajar kelompok berjumlah 4 dan 5 anak, siklus II dilaksanakan dengan belajar kelompok berjumlah 4 dan 5 anak yang berbeda dengan siklus I, dan siklus III juga dilaksanakan dengan belajar kelompok berjumlah 4 dan 5 anak yang berbeda dengan siklus I dan II. Teknik pengambilan data dilakukan dengan pedoman observasi. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan instrument Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG) dan Lembar Observasi Pembelajaran (LOP). Kesimpulan penelitian meliputi : 1) Kualitas Rencana Kegiatan Harian (RKH) yang disusun pada siklus pertama kategori sedang, siklus kedua baik dan siklus ketiga baik. 2) Proses pembelajaran dilaksanakan dengan belajar kelompok. Pada siklus pertama tercapai 44 % kategori sedang, pada siklus kedua tercapai 66,6 % kategori baik, dan siklus ketiga tercapai 77,7 % kategori baik. 3) Sistem evaluasi dilakukan dengan 11 indikator, pada siklus pertama tercapai 5 indikator, setara dengan 44 % kategori sedang, siklus II tercapai 7 indikator, setara dengan 64% kategori baik, dan siklus III tercapai 10 indikator, setara dengan 90% kategori baik. 4) Terjadi peningkatan aktivitas bermain melalui belajar kelompok, kelompok I, siklus pertama aktivitas rendah, pada siklus kedua aktivitas cukup dan pada siklus ketiga semua menunjukkan aktivitas cukup. Sedangkan pada kelompok II, siklus pertama aktivitas rendah, siklus kedua aktivitas cukup dan pada siklus ketiga aktivitas tinggi. Kata kunci : Aktivitas bermain, belajar kelompok.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Teknologi > Teknologi (General)
Teknologi > Teknologi (General)
Teknologi (General)
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 08 May 2014 04:42
Last Modified: 08 May 2014 04:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1506

Actions (login required)

View Item View Item