0313024032, Ratna Noviyanti (2010) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KANCING GEMERINCING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA N 4 BANDAR LAMPUNG. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 2.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (164Kb) |
||
|
File PDF
BAB 5.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (76Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (70Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi di SMA Negeri 4 Bandar Lampung, diketahui hasil belajar siswa rendah (nilai rata-rata 62,49), hal ini diduga kurang aktifnya siswa selama proses pembelajaran, sebab guru masih menggunakan metode ceramah. Oleh sebab itu, diperlukan usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan memilih model pembelajaran yang tepat. Sehubungan dengan itu, pada penelitian ini digunakan model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok jamur. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X6 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X4 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pretes-postes tak ekuivalen. Data penelitian ini berupa nilai hasil belajar siswa yaitu skor gain dari data postes dikurangi pretes dibagi dengan skor maksimal dan dikali seratus, dan nilai aspek afektif serta psikomotor yang diambil pada setiap pertemuan dengan menggunakan lembar observasi (angket). Data tersebut kemudian dianalisis dengan uji t menggunakan software SPSS 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penggunaan model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing berpengaruh nyata terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi pokok Jamur ; (2) Rata-rata hasil belajar (aspek kognitif, afektif dan psikomotor) siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing lebih tinggi daripada tanpa model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing. Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Kancing gemerincing, Hasil belajar, Jamur
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | tik7 . Unila |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 02:10 |
Terakhir diubah: | 07 Dec 2015 02:10 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15064 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |