PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KANCING GEMERINCING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA N 4 BANDAR LAMPUNG

0313024032, Ratna Noviyanti (2010) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KANCING GEMERINCING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA N 4 BANDAR LAMPUNG. Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (108Kb) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164Kb)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (70Kb) | Preview

Abstrak

Hasil observasi di SMA Negeri 4 Bandar Lampung, diketahui hasil belajar siswa rendah (nilai rata-rata 62,49), hal ini diduga kurang aktifnya siswa selama proses pembelajaran, sebab guru masih menggunakan metode ceramah. Oleh sebab itu, diperlukan usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan memilih model pembelajaran yang tepat. Sehubungan dengan itu, pada penelitian ini digunakan model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok jamur. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X6 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X4 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pretes-postes tak ekuivalen. Data penelitian ini berupa nilai hasil belajar siswa yaitu skor gain dari data postes dikurangi pretes dibagi dengan skor maksimal dan dikali seratus, dan nilai aspek afektif serta psikomotor yang diambil pada setiap pertemuan dengan menggunakan lembar observasi (angket). Data tersebut kemudian dianalisis dengan uji t menggunakan software SPSS 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penggunaan model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing berpengaruh nyata terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi pokok Jamur ; (2) Rata-rata hasil belajar (aspek kognitif, afektif dan psikomotor) siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing lebih tinggi daripada tanpa model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing. Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Kancing gemerincing, Hasil belajar, Jamur

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum > Karya Karya Umum = 000
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: tik7 . Unila
Date Deposited: 07 Dec 2015 02:10
Last Modified: 07 Dec 2015 02:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15064

Actions (login required)

View Item View Item