1113127022, Sumardiono (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V SDN 3 SIMPANG KANAN KECAMATAN SUMBEREJO TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (681Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (171Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (205Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (141Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (693Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (231Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (267Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (192Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (167Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (191Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SD Negeri 3 Simpang Kanan Kecamatan Sumberejo Tanggamus hal ini terlihat dari nilai rata-rata siswa yang hanya mencapai nilai 54,00. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan menggunakan PTK. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa diperoleh berdasarkan hasil post-test serta ketuntasan belajar pada masing-masing siklus. Instrumen yang digunakan yaitu lembar aktivitas siswa dan tes hasl belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus 1 adalah 25.00%, siklus 2 70.00%, dan pada siklus 3 peningkatan yang terjadi adalah 100%, sedangkan untuk hasil belajar siswa dari siklus I nilai rata-rata kelas 59,75 dengan ketuntasan belajar sebesar 40%, siklus 2 nilai rata-rata kelas 72,25% dengan ketuntasan belajar sebesar 75% mengalami peningkatan sebesar 12.5% dan untuk siklus 3 hasil belajar siswa mencapai 100% atau dan siswa yang telah mencapai KKM dengan nilai rata-rata 84,4%. Berdasarkan data diatas diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 3 Simpang Kanan Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | TIK . 6 |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 02:11 |
Terakhir diubah: | 07 Dec 2015 02:11 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15066 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |