PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MANUSIA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012)

0713024028, EVI RETTA ARITONANG (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MANUSIA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
bab 1.pdf

Download (209Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2.pdf

Download (139Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 5.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
baru 3.pdf

Download (166Kb) | Preview
[img] File PDF
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (463Kb)
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAK1.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (123Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
mengesahkan.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Menyetujui.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (189Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (425Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (136Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dalam meningkatkan penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok sistem pencernaan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII B dan kelas VIII C SMP Negeri 3 Bandar Lampung yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian adalah pretest-posttest non equivalen. Data penelitian yang diperoleh adalah nilai tes awal dan nilai tes akhir. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayaan 95% dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan rata-rata antara nilai tes awal dan tes akhir yang di ukur dengan N-gain pada kelas eksperimen yaitu sebesar 79,80 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 55,44. Aspek penguasaan konsep yang memiliki nilai rata-rata tertinggi yaitu pada aspek aplikasi (C3) yaitu sebesar 91,66 sedangkan rata-rata aspek penguasaan konsep terendah yaitu pada aspek menganalisis (C4) sebesar 70,41. Aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dengan rata-rata peningkatan 7,6% lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode Diskusi yaitu 3,5%. Apek presentasi merupakan aktivitas tertinggi yang dilakukan siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Picture and Picture. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Picture and Picture memiliki pengaruh terhadap peningkatan penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandar Lampung materi pokok Sistem pencernaan Manusia. Kata kunci : Model pembelajaran Picture and Picture, penguasaan konsep, aktivitas belajar, sistem pencernaan manusia.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 07 Dec 2015 02:13
Terakhir diubah: 07 Dec 2015 02:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15079

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir