0713024028, EVI RETTA ARITONANG (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MANUSIA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012). Digital Library.
|
File PDF
bab 1.pdf Download (209Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (139Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 5.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
baru 3.pdf Download (166Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (463Kb) |
||
|
File PDF
DAFTAR PUSTAK1.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (123Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
mengesahkan.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (189Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (425Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (136Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dalam meningkatkan penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok sistem pencernaan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII B dan kelas VIII C SMP Negeri 3 Bandar Lampung yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian adalah pretest-posttest non equivalen. Data penelitian yang diperoleh adalah nilai tes awal dan nilai tes akhir. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayaan 95% dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan rata-rata antara nilai tes awal dan tes akhir yang di ukur dengan N-gain pada kelas eksperimen yaitu sebesar 79,80 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 55,44. Aspek penguasaan konsep yang memiliki nilai rata-rata tertinggi yaitu pada aspek aplikasi (C3) yaitu sebesar 91,66 sedangkan rata-rata aspek penguasaan konsep terendah yaitu pada aspek menganalisis (C4) sebesar 70,41. Aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dengan rata-rata peningkatan 7,6% lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode Diskusi yaitu 3,5%. Apek presentasi merupakan aktivitas tertinggi yang dilakukan siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Picture and Picture. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Picture and Picture memiliki pengaruh terhadap peningkatan penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandar Lampung materi pokok Sistem pencernaan Manusia. Kata kunci : Model pembelajaran Picture and Picture, penguasaan konsep, aktivitas belajar, sistem pencernaan manusia.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 02:13 |
Terakhir diubah: | 07 Dec 2015 02:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15079 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |