PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MANUSIA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012)

0713024028, EVI RETTA ARITONANG (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MANUSIA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012). Digital Library.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (209Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (139Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
baru 3.pdf

Download (166Kb) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463Kb)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAK1.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (123Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
mengesahkan.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Menyetujui.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
persembahan.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (189Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (425Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (136Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dalam meningkatkan penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok sistem pencernaan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII B dan kelas VIII C SMP Negeri 3 Bandar Lampung yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian adalah pretest-posttest non equivalen. Data penelitian yang diperoleh adalah nilai tes awal dan nilai tes akhir. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayaan 95% dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan rata-rata antara nilai tes awal dan tes akhir yang di ukur dengan N-gain pada kelas eksperimen yaitu sebesar 79,80 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 55,44. Aspek penguasaan konsep yang memiliki nilai rata-rata tertinggi yaitu pada aspek aplikasi (C3) yaitu sebesar 91,66 sedangkan rata-rata aspek penguasaan konsep terendah yaitu pada aspek menganalisis (C4) sebesar 70,41. Aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dengan rata-rata peningkatan 7,6% lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode Diskusi yaitu 3,5%. Apek presentasi merupakan aktivitas tertinggi yang dilakukan siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Picture and Picture. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Picture and Picture memiliki pengaruh terhadap peningkatan penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandar Lampung materi pokok Sistem pencernaan Manusia. Kata kunci : Model pembelajaran Picture and Picture, penguasaan konsep, aktivitas belajar, sistem pencernaan manusia.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT . TIK5
Date Deposited: 07 Dec 2015 02:13
Last Modified: 07 Dec 2015 02:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15079

Actions (login required)

View Item View Item