1013069089, Nani Sudarsani (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 PINANG JAYA BANDAR LAMPUNG. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II .pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I .pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB V .pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV .pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (155Kb) |
||
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSEMBAHAN .pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR .pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
JUDUL .pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (14Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan penilaian yang dilakukan di SDN 2 Pinang Jaya Bandar Lampung, bahwa pembelajaran IPA di kelas IV terlihat masih rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih berpusat pada guru, guru hanya menggunakan metode ceramah saja, guru jarang bahkan tidak pernah menggunakan media pembelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa, yakni hanya 45,56 % siswa yang sudah aktif mengikuti pembelajaran, selebihnya belum dan hanya 36,67 % siswa yang mendapat nilai sama atau lebih dari KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode penemuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan langkah-langkah : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi selama tindakan dan dokumen hasil belajar siswa. Hasil penelitian tindakan menunjukkan bahwa melalui penggunaan metode penemuan dalam pembelajaran IPA ternyata kemampuan siswa mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari hasil yang diperoleh dari pra siklus yang semula 45,56 %, meningkat menjadi 51,67 % pada siklus I, sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat menjadi 73,14 %, dan dari siklus II ke siklus III meningkat menjadi 83,33 %.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 02:16 |
Terakhir diubah: | 07 Dec 2015 02:16 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15087 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |