1013109008, Elis Dahlina (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK DAN PEMANFAATAN ALAT PERAGA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KUTOARJO TAHUN AJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (128Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
File PDF
eeliiizzzzz.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (261Kb) |
||
|
File PDF
elizzzz abstrak.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Judul Tugas Akhir.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf Download (27Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS, siswa di kelas IV SDN 1 Kutoarjo, kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2011-2012. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan metode kerja kelompok dan pemanfaatan alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Kutoarjo Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Kutoarjo Kecamatan Gedong Tataan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 4 langkah kegiatan, meliputi kegiatan perencanaan, melakukan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah perangkat tes, lembar observasi, catatan lapangan yang digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan kinerja guru. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis kualitatif berupa persentase keaktifan siswa dan data kuantitatif berupa hasil tes siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I mencapai 60% dan siklus II sebasar 74.8%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 14,8%. Hasil belajar siswa, pada siklus I rata-rata nilai mencapai 67,76 dan siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 75,65, sehingga terjadi peningkatan sebesar 10,11.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 02:15 |
Terakhir diubah: | 07 Dec 2015 02:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15093 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |