Hasan , NOOR SYARIFAH HASAN (2013) PENGARUH WAKTU PEMERAMAN TERHADAP KEKUATAN PAVING BLOCK PASCA PEMBAKARAN MENGGUNAKAN MATERIAL CAMPURAN TANAH LEMPUNG DAN SEMEN SERTA PASIR UNTUK JALAN LINGKUNGAN. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.
|
Text
COVER LUAR.pdf - Published Version Download (29Kb) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf - Published Version Download (84Kb) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (39Kb) | Preview |
|
|
Text
HAL PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (194Kb) | Preview |
|
|
Text
HAL PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (185Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (75Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (80Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (12Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR NOTASI.pdf - Published Version Download (45Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (49Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (309Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (272Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (314Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (85Kb) | Preview |
|
![]() |
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (6Mb) |
Abstrak
Paving block merupakan konstruksi perkerasan jalan yang ramah lingkungan, memiliki sifat kuat tekan yang baik, dapat menahan beban dalam batasan tertentu, dan mudah dalam pekerjaan pemasangan. Paving block terbuat dari campuran semen portland atau bahan perekat hidrolisis sejenisnya, air, dan agregat dengan atau tanpa bahan lainnya. Pada penelitian ini proses pembuatan paving block akan dicoba menggunakan campuran tanah lempung, semen portland, dan pasir. Selain itu dilakukan pemeraman terhadap paving block yang diharapkan akan meningkatkan kekuatan paving block sehingga dapat menghasilkan paving block yang relatif murah namun memiliki kualitas yang baik agar dapat digunakan oleh masyarakat. Sampel tanah yang diuji pada penelitian ini yaitu tanah lempung yang berasal dari daerah Karang Anyar, Lampung Selatan. Variasi kadar campuran yang digunakan adalah 6%, 8%, dan 10% semen dan 5% pasir pada setiap variasi campuran semen dengan variasi waktu pemeraman 7 hari, 14 hari, dan 28 hari serta dengan perlakuan pembakaran dan tanpa pembakaran sampel paving block. Berdasarkan hasil pengujian fisik tanah asli, USCS mengklasifikasikan sampel tanah sebagai tanah berbutir halus dan termasuk ke dalam kelompok CL. Hasil dari penelitian ini adalah pembuatan paving block menggunakan material tanah lempung, semen, dan pasir tidak memenuhi SNI paving block. Akan tetapi, penambahan bahan aditif dan pemeraman yang dilakukan dapat meningkatkan sifat fisik dan mekanik tanah. Hal ini terbukti dengan meningkatnya nilai kadar air optimum dan berat jenis campuran. Untuk nilai kuat tekan paving block tanpa pembakaran dan dengan proses pembakaran paling baik ditunjukkan pada penambahan kadar campuran 10% dengan waktu pemeraman 28 hari. Kata Kunci : Paving block, tanah lempung, kuat tekan, waktu pemeraman
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Mesin (General). Mesin Sipil (General) > Mesin (General). Mesin Sipil (General) Mesin (General). Mesin Sipil (General) |
Program Studi: | Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil |
Depositing User: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 08 Jan 2014 05:54 |
Last Modified: | 08 Jan 2014 05:54 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/151 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |