PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS IV (EMPAT) SD NEGERI 3 PAKUAN RATU TAHUN 2012

1013144006, FATMAWATI (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS IV (EMPAT) SD NEGERI 3 PAKUAN RATU TAHUN 2012. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab I.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab II.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab III.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img] File PDF
Bab IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (127Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BIODATA.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Cover, dll.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover2.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Isi.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Judul PTK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (7Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

dapat ditingkatkan dengan menggunakan alat peraga? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah aktivitas belajar dan nilai IPA dapat ditingkatkan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 03 Pakuan Ratu. Hasil penelitian : (1) Penggunaan alat peraga dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA, dan rata-rata aktivitas belajar IPA mengalami peningkatan dari 45,06% pada siklus 1 menjadi 58,32% pada siklus 2. (2) Penggunaan alat peraga dapat meningkatkan prestasi belajar IPA dengan kriteria ketuntasa minimal esar 61,76% pada siklus 1 menjadi 90,91% pada siklus 2, mengalami peningkatan sebesar 29,15% siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Kesimpulan penelitian bahwa aktivitas belajar dan nilai hasil belajar IPA dapat ditingkatkan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran. Saran kepada guru agar dapat mengidentifikasi masalah yang timbul di kelas, sekaligus mencari solusi pemecahannya. Kata Kunci : alat peraga, aktivitas belajar, prestasi belajar IPA.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Dec 2015 02:16
Terakhir diubah: 07 Dec 2015 02:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15110

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir