0813022002, Ahmadi (2012) PENGEMBANGAN SUPLEMEN PEMBELAJARAN FISIKA BERUPA VIDEO INTERAKTIF BERBAHAN DASAR SIARAN TVE. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (191Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (145Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (244Kb) |
||
|
File PDF
BAB V .pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (81Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil wawancara peneliti terhadap guru IPA fisika di SMPN 1 Punduh Pedada, diketahui bahwa guru belum memanfaatkan secara maksimal sarana dan prasaran yang ada seperti Laptop, LCD dan TV untuk pembelajaran. Diketahui pula bahwa pada materi tatasurya (KD 5.2 mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet) guru merasa kesulitan dalam menjelaskan materi tersebut secara konkrit dan belum tersedianya media pembelajaran pada materi tersebut. Mempertimbangkan masalah-masalah tersebut, maka peneliti mengembangkan video interaktif sebagai suplemen pembelajaran. Video yang dikembangkan berbahan dasar siaran TVE yang berisi video, latihan soal beserta kunci jawabannya, dan uji kompetensi yang dilengkapi dengan perekaman nilai untuk setiap jawaban benar. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi model pengembangan media instruksional yang diadaptasi dari Suyanto dan Sartinem (2009). Desain tersebut meliputi tujuh tahapan prosedur pengembangan produk dan uji produk, yaitu: Ahmadi analisis kebutuhan, identifikasi sumberdaya untuk memenuhi kebutuhan, identifikasi spesifikasi produk yang diinginkan pengguna, pengembangan produk, uji internal: uji kelayakan produk, uji eksternal: uji kemanfaatan produk oleh pengguna dan tahap terakhir produksi. Hasil uji internal menunjukkan media yang dikembangkan telah sesuai dengan teori dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji eksternal menunjukkan bahwa kualitas media sangat menarik, sangat mudah digunakan, dan sangat bermanfaat serta efektif digunakan sebagai media pembelajaran yaitu mencapai 96,97 % siswa tuntas KKM. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dihasilkan suplemen pembelajaran berupa video interaktif berbahan dasar siaran TVE yang telah teruji dan layak digunakan dengan kualitas: sangat menarik, sangat mudah digunakan, dan sangat bermanfaat, dan dinyatakan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 02:07 |
Terakhir diubah: | 07 Dec 2015 02:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15141 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |