0813022049, Sinka Aprilia (2012) PERBANDINGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PRAKTIKUM HAND ON DENGAN VIRTUAL LABORATORY. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAGIAN DEPAN.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover2.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Gambar.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar isi Sinka.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Tabel sinka.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENDAHULUAN.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
II.pdf Download (200Kb) | Preview |
|
|
File PDF
III.pdf Download (128Kb) | Preview |
|
File PDF
IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (162Kb) |
||
|
File PDF
SIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Judul Skripsi.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan observasi melalui wawancara dengan guru bidang studi IPA di SMP Negeri 5 Bandar Lampung diketahui bahwa rendahnya keterampilan proses sains (KPS) siswa disebabkan oleh aspek proses pembelajaran yang berlangsung dan dari aspek penilaian yang dikembangkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan KPS dan hasil belajar siswa antara praktikum hand on dengan virtual laboratory melalui indikator perbandingan rata-rata skor KPS dan hasil belajar siswa saat diterapkan praktikum hand on lebih tinggi atau sama dengan rata-rata skor KPS dan hasil belajar praktikum virtual laboratory. KPS diukur dari pencapaian indikator penilaian KPS yang meliputi: mengamati, merumuskan hipotesis, menginterpretasi data, menerapkan konsep, dan berkomunikasi. Sedangkan hasil belajar diukur dari skor N-gain hasil evaluasi pretest dan posttest. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan bentuk Quasi-Eksperimental Design dengan tipe Non Equivalent Control Group Design. Teknik analisis data KPS menggunakan data skor observasi pada saat praktikum. Analisis data hasil belajar berupa skor N-gain dan pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test. Perolehan rata-rata KPS siswa yang praktikum hand on sebesar 75,14 lebih tinggi dari siswa yang praktikum virtual laboratory sebesar 74,65. Perolehan skor hasil belajar aspek kognitif diambil dari rata-rata N-gain nilai pretest dan post test siswa yang praktikum hand on sebesar 0,52 sedikit lebih tinggi dari siswa yang praktikum virtual laboratory sebesar 0,51. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa aspek psikomotor yang praktikum hand on sebesar 75,11 dan virtual laboratory sebesar 73,99. Hasil di atas mengindikasikan bahwa rata-rata KPS dan hasil belajar siswa yang praktikum secara virtual laboratory dapat menyamai yang praktikum secara hand on.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 02:07 |
Terakhir diubah: | 07 Dec 2015 02:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15146 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |