Pengaruh Aktivitas Belajar Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar

0853022007, DESTI IRANI (2012) Pengaruh Aktivitas Belajar Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. Cover dalam.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Menyetujui.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. Mengesahkan.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. Motto.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. persembahan.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. SANWACANA.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11.DAFTAR ISI.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12.DAFTAR TABEL.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13.DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bb. I.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bb. II.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bb. III.pdf

Download (204Kb) | Preview
[img] File PDF
IV fix.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (336Kb)
[img]
Preview
File PDF
V.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 12 Bandar Lampung diketahui bahwa pembelajaran masih berjalan secara monoton. Pembelajaran fisika yang dilakukan hanya dengan memberikan konsep, ceramah, dan latihan soal sehingga proses pembelajaran tidak berjalan dengan optimal. Kegiatan praktikum jarang dilakukan karena terhambatnya alat dan bahan yang ada dilaboratorium, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian di SMA Negeri 12 Bandar Lampung diketahui bahwa pembelajaran masih berjalan secara monoton. Pembelajaran fisika yang dilakukan hanya dengan memberikan konsep, ceramah, dan latihan soal sehingga proses pembelajaran tidak berjalan dengan optimal. Kegiatan praktikum jarang dilakukan karena terhambatnya alat dan bahan yang ada dilaboratorium, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 12 Bandar Lampung, menggunakan satu kelas yaitu kelas X 8 sampel 37 siswa dan menggunakan desain One-Shot Case Study. Pada penelitian ini data aktivitas diperoleh dengan menggunakan Lembar Kerja Kelompok (LKK) Desti Irani dengan jumlah Desti Irani sedangkan hasil belajar siswa menggunakan instrumen berbentuk soal essay. Kemudian untuk menguji pengaruh dilakukan uji linearitas, korelasi, dan regresi linear sederhana antara data aktivitas dan hasil belajar siswa dengan sebelumnya menguji terlebih dahulu soal dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh linear yang positif dan signifikan antara aktivitas siswa terhadap hasil belajar fisika siswa dengan persamaan regresinya adalah 11.624 + 0.718 X. Pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen berbasis lingkungan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sehingga penilaian siswa tidak hanya dilihat dari hasil belajar namun aktivitas dalam melakukan praktikum.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Dec 2015 02:07
Terakhir diubah: 07 Dec 2015 02:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15151

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir