PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PERFORMANCE UNTUK MENGUKUR HASIL BELAJAR SISWA

0853022009, Dewi Ratnawati (2012) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PERFORMANCE UNTUK MENGUKUR HASIL BELAJAR SISWA. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. Cover luar.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. abstrak.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. Cover Dalam.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Menyetujui.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. Mengesahkan.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. Surat Pernyataan.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. Motto.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. Riwayat Hidup.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. Persembahan.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. Sanwacana.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
A.daftar isi.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
b.daftar tabel.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
c.daftar gambar.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 3.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 2.pdf

Download (168Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (174Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB 5.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAPUS.pdf

Download (55Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan diketahui bahwa kegiatan pembelajaran yang melibatkan kinerja siswa dalam melakukan percobaan terkadang sudah diterapkan, namun penilaian kinerja siswa untuk aspek proses ketika praktikum jarang dilakukan karena guru lebih sering menilai kinerja siswa berupa produknya yang biasanya berupa laporan hasil kegiatan praktikum, padahal penilaian berupa laporan hasil kegiatan kurang mampu menunjukkan kinerja dari tiap individu siswa. Berdasarkan latar belakang di atas, maka tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen penilaian performance yang memuat kompetensi, materi, uraian tugas, panduan penggunaan, rubrik penskoran, panduan penilaian, lembar penilaian performance dan contoh penilaian pada pokok bahasan fluida statis materi hukum Archimedes yang teruji sesuai teori serta dinyatakan efektif digunakan sebagai instrumen penilaian performance siswa. Pengembangan instrumen penilaian performance mengadaptasi model pengembangan instrumen penilaian performance termodifikasi yang diadaptasi dari prosedur pengembangan produk dan uji produk menurut Asyar. Mengacu Dewi Ratnawati pada model pengembangan tersebut yang meliputi: penelitian pendahuluan, pengembangan produk, validasi ahli yang dilakukan oleh pakar dan guru fisika, Dewi Ratnawati uji coba lapangan yang terdiri dari uji satu lawan satu (one on one) dan kelompok. Produk akhir berupa instrumen penilaian performance siswa, yaitu suatu alat penilaian yang dapat digunakan untuk menilai kinerja siswa dimana di dalam instrumen penilaian ini memuat kompetensi, uraian tugas, panduan penggunaan, rubrik penskoran, panduan penilaian, lembar penilaian performance dan contoh penilaian. Hasil uji ahli menunjukkan instrumen penilaian performance yang dikembangkan telah sesuai dengan teori dan layak digunakan sebagai instrumen penilaian. Hasil uji lapangan menunjukkan instrumen penilaian performance efektif digunakan sebagai instrumen penilaian kinerja. Kualitas instrumen penilaian performance: sangat menarik, sangat mudah digunakan, dan sangat bermanfaat.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Dec 2015 02:07
Terakhir diubah: 07 Dec 2015 02:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15152

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir