0913099007, E S I H (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA TEMA DIRI SENDIRI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 4 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK ESIH DLL perbaikan.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (106Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover2.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Riwayat Hidup 30-10-12 (T-X).pdf Download (13Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan data observasi awal yang diperoleh di SD Negeri 4 Metro Utara yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah khususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dari 30 siswa hanya 10 siswa yang mencapai nilai KKM yaitu 60. Berdasarkan kenyataan di atas peneliti menerapkan penggunaan media gambar yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tema Diri Sendiri. Penelitian ini melibatkan 30 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuaan, kelas I SD Negeri 4 Metro Utara pada semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan metode observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan cara analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 56,0 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 65,0. (2) Rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 58,7 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 71,3. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 02:04 |
Terakhir diubah: | 07 Dec 2015 02:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15174 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |