HUBUNGAN KUALITAS LAYANAN INTERNAL DENGAN KUALITAS LAYANAN EKSTERNAL (Studi Tingkat Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Kualitas Pelayanan di Kantor Samsat Kota Bandar lampung)

, M. DEDY ZULYAN (2011) HUBUNGAN KUALITAS LAYANAN INTERNAL DENGAN KUALITAS LAYANAN EKSTERNAL (Studi Tingkat Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Kualitas Pelayanan di Kantor Samsat Kota Bandar lampung). Masters thesis, Fakultas ISIP.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Jurnal Penelitian.pdf - Published Version

Download (171Kb) | Preview

Abstrak

Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap masyarakat yang memiliki kendaraan roda dua dan roda empat. Dalam pembayaran pajak kita berhubungan langsung dengan pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah di kantor samsat. Dalam hal ini pemerintah memiliki dua pelanggan sekaligus yang harus dilayani, yaitu pegawai kantor samsat dan wajib pajak itu sendiri. Jika pemerintah memberikan pelayanan yang baik kepada pegawai maka akan berdampak positif kepada pelayanan pegawai terhadap wajib pajak, sehingga akan membuat pelayanan menjadi baik dan memberikan kepuasan kepada wajib pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara kualitas layanan internal para pegawai dengan kualitas layanan eksternal di Kantor Samsat Kota Bandar Lampung serta untuk mengetahui tingkat kepuasan wajib pajak terhadap pelayanan di Kantor Samsat Kota Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional, yang sebenarnya tipe ini adalah kelanjutan dari tipe deskriptif, yaitu menghimpun data, menyusun secara sistematika, faktual dan cermat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil yang diperoleh dengan menggunakan korelasi Rank Spearman diketahui bahwa korelasi antara variabel X dan Y adalah 0.471 dan termasuk dalam korelasi positif sedang (0,401 - 0,600). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa thitung = 2.8253 ini berarti thitung ≥ ttabel dimana thitung = 2.8253 ≥ ttabel = 2.048 maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas layanan internal dan kualitas layanan eksternal dengan kepuasan wajib pajak di Kantor Samsat Kota Bandar Lampung Provinsi Lampung. Tingkat kepuasan wajib pajak terhadap kualitas pelayanan di Kantor Samsat Kota Bandar Lampung sudah sangat baik.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Ilmu Sosial = Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Magister Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 08 May 2014 05:52
Last Modified: 08 May 2014 05:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1519

Actions (login required)

View Item View Item