PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SISTEM KOLOID (PTK Pada Siswa Kelas XI IPA3 SMA Perintis I Bandar Lampung)

0413023006, LIKA NUR FAHMI (2012) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SISTEM KOLOID (PTK Pada Siswa Kelas XI IPA3 SMA Perintis I Bandar Lampung). Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover2.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img] Text
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147Kb)
[img]
Preview
Text
I.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
II.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
III.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
V.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Judul Skripsi.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN SKRIPSI MAHASISWA.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (16Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan wawancara dengan guru bidang studi kimia kelas XI IPA 3 Perintis I Bandar Lampung diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata materi sistem koloid adalah 62. Nilai tersebut belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Berdasarkan observasi terhadap proses pembelajaran, aktivitas siswa dalam pembelajaran dominan mendengarkan penje- lasan guru, mencatat, mengerjakan soal, dan jarang melakukan kegiatan prakti- kum. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerap- kan pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan: (1) rata-rata persen- tase aktivitas on task siswa; (2) rata-rata persentase penguasaan konsep; (3) per- sentase ketuntasan belajar kimia siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Data penelitian terdiri dari data kualitatif berupa aktivitas on task siswa dan kinerja guru mengelola pembelajaran yang diperoleh melalui lembar observasi, serta data kuantitatif berupa nilai siswa yang diperoleh melalui tes formatif. di SMA Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terjadi peningkatan: (1) rata-rata persentase aktivitas on task siswa dari siklus I ke siklus II sebagai berikut: mela- kukan percobaan sebesar 19,79%; bertanya pada guru sebesar 1,71%; menjawab pertanyaan/mengajukan pendapat sebesar 29,30%; mencatat hasil pengamatan sebesar 34,62%; dan mengerjakan LKS sebesar 38,27%; (2) rata-rata persentase penguasaan konsep siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 15,51%; (3) persentase ketuntasan belajar kimia siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 41,09%.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 07 Dec 2015 02:03
Last Modified: 07 Dec 2015 02:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15193

Actions (login required)

View Item View Item