0413023021, Egariah (2012) PENERAPAN LEARNING CYCLE 3-E UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI TATANAMA SENYAWA ANORGANIK DAN ORGANIK SERTA PERSAMAAN REAKSI SEDERHANA (PTK pada Siswa Kelas X.B SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung). Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover baru.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
JUDUL SKRIPT HASIL(dalam).pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto ega.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan I,ega.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan ii ega.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan skripsi mahasiswa.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN,ega.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Riwayat Hidup,ega.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA,ega.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (119Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab III.pdf Download (145Kb) | Preview |
|
File PDF
bab IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (237Kb) |
||
|
File PDF
bab V.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (40Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil observasi di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung diketahui bahwa, nilai rata-rata penguasaan konsep siswa kelas X.B pada mid semester ganjil tahun 2011/2012 untuk mata pelajaran kimia adalah 62,8. Siswa yang berhasil memperoleh nilai 70 hanya sebesar 35%. Nilai tersebut belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu, sebesar 100% siswa mendapat nilai 70. Penerapan pembelajaran yang digunakan masih berupa metode ceramah dan latihan soal, serta aktivitas relevan (on task) siswa selama proses pembelajaran masih rendah. Penerapan model pembelajaran Learning Cycle 3-E (LC 3E) yang bersifat konstruktivisme menjadi upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep pada materi tatanama senyawa anorganik dan organik serta persamaan reaksi sederhana. 2 Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan (1) rata-rata persentase setiap jenis aktivitas on task, (2) rata-rata persentase penguasaan konsep, dan (3) persentase ketuntasan belajar. Subyek dari penelitian ini adalah kelas X.B dengan jumlah siswa 40 orang yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan menggunakan model pembelajaran LC 3E yang terdiri dari 3 fase yaitu; eksploration, eksplanation, dan elaboration. Hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan (1) rata-rata persentase setiap jenis aktivitas on task siswa untuk aktivitas, mengerjakan LKS sebesar 40%, bertanya pada guru sebesar 36%, menjawab pertanyaan guru sebesar 20% dan memberi pendapat sebesar 12,5%, (2) rata-rata persentase penguasaan konsep kimia siswa sebesar 14,02%, dan (3) persentase ketuntasan belajar siswa 20%. Indikator kerja yang diharapkan adalah terjadinya peningkatan sebesar 10% dari siklus 1 ke siklus 2 untuk aktivitas ontask siswa, penguasaan konsep, dan ketuntasan belajar. Dengan demikian, penerapan LC 3E mampu meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep siswa pada materi tatanama senyawa anorganik dan organik serta persamaan reaksi sederhana.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 02:04 |
Terakhir diubah: | 07 Dec 2015 02:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15195 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |