0613023014, ANITA SOFYAN N (2012) PERBEDAAN PENGUASAAN KONSEP HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DENGAN TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT). Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
Abstrak.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Motto.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pengesahan Judul Baru.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Persembahan.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Riwayat Hidup.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Sanwacana.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Surat Pernyataan.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab III.pdf Download (217Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (525Kb) |
||
|
File PDF
Bab V.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf Download (13Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil observasi di SMAN 13 Bandar Lampung diketahui bahwa nilai rata-rata siswa kelas X pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada tahun pelajaran 2010/2011 masih belum mencapai standar ketuntasan belajar yang ditetapkan. Pembelajaran yang digunakan masih menggunakan pembelajaran dengan metode ceramah dan pemberian tugas/ latihan soal. Hal tersebut belum membimbing siswa untuk lebih memahami konsep hukum-hukum dasar kimia serta melatih kemandirian belajarnya. Oleh karena itu, dirancang pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan tipe TGT. Tujuan penelitian ini adalah menentukan perbedaan rata-rata penguasaan konsep hukum-hukum dasar kimia antara pembelajaran kooperatif tipe TPS dan tipe TGT pada siswa serta menentukan rata-rata penguasaan konsep yang lebih tinggi antara kedua pembelajaran tersebut. Sampel dalam penelitian ini adalah 35 orang siswa kelas X 2 sebagai kelas eksperimen I dan 37 orang siswa kelas X eksperimen II dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan 6 sebagai kelas desain non equivalent pretest posttest control group desaign. Hasil dari penelitian ini adalah 1) ada perbedaan rata-rata penguasaan konsep hukum-hukum dasar kimia antara pembelajaran kooperatif tipe TGT dan tipe TPS, 2) rata-rata penguasaan konsep hukum-hukum dasar kimia siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi dari tipe TPS Pembelajaran kooperatif tipe TGT membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran karena terdapat turnamen dalam tahapannya, namun diperlukan pengelolaan waktu yang efektif agar dapat terlaksana dengan baik. Sedangkan pada pembelajaran tipe TPS dengan tahap think-pair-share-nya dan waktu yang memadai, ternyata belum cukup meningkatkan penguasaan konsep siswa secara keseluruhan.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 02:08 |
Terakhir diubah: | 07 Dec 2015 02:08 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15223 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |