PERBEDAAN PENGUASAAN KONSEP HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DENGAN TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT)

0613023014, ANITA SOFYAN N (2012) PERBEDAAN PENGUASAAN KONSEP HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DENGAN TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT). Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Isi.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Motto.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Pengesahan Judul Baru.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Persembahan.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Riwayat Hidup.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Sanwacana.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Surat Pernyataan.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab III.pdf

Download (217Kb) | Preview
[img] File PDF
Bab IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (525Kb)
[img]
Preview
File PDF
Bab V.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Pustaka.pdf

Download (13Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil observasi di SMAN 13 Bandar Lampung diketahui bahwa nilai rata-rata siswa kelas X pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia pada tahun pelajaran 2010/2011 masih belum mencapai standar ketuntasan belajar yang ditetapkan. Pembelajaran yang digunakan masih menggunakan pembelajaran dengan metode ceramah dan pemberian tugas/ latihan soal. Hal tersebut belum membimbing siswa untuk lebih memahami konsep hukum-hukum dasar kimia serta melatih kemandirian belajarnya. Oleh karena itu, dirancang pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan tipe TGT. Tujuan penelitian ini adalah menentukan perbedaan rata-rata penguasaan konsep hukum-hukum dasar kimia antara pembelajaran kooperatif tipe TPS dan tipe TGT pada siswa serta menentukan rata-rata penguasaan konsep yang lebih tinggi antara kedua pembelajaran tersebut. Sampel dalam penelitian ini adalah 35 orang siswa kelas X 2 sebagai kelas eksperimen I dan 37 orang siswa kelas X eksperimen II dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan 6 sebagai kelas desain non equivalent pretest posttest control group desaign. Hasil dari penelitian ini adalah 1) ada perbedaan rata-rata penguasaan konsep hukum-hukum dasar kimia antara pembelajaran kooperatif tipe TGT dan tipe TPS, 2) rata-rata penguasaan konsep hukum-hukum dasar kimia siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi dari tipe TPS Pembelajaran kooperatif tipe TGT membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran karena terdapat turnamen dalam tahapannya, namun diperlukan pengelolaan waktu yang efektif agar dapat terlaksana dengan baik. Sedangkan pada pembelajaran tipe TPS dengan tahap think-pair-share-nya dan waktu yang memadai, ternyata belum cukup meningkatkan penguasaan konsep siswa secara keseluruhan.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Dec 2015 02:08
Terakhir diubah: 07 Dec 2015 02:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15223

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir