EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

0743023020, FILDA FITTRIA MEILISYA (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Riwayat Hidup.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
I edit.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
II edit.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab III.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img] File PDF
Bab IV bru.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (225Kb)
[img]
Preview
File PDF
Bab V.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
JUDUL 1.pdf

Download (10Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran kimia adalah proses komunikasi antara pebelajar, pengajar dan bahan ajar pada suatu lingkungan belajar. Dalam proses pembelajaran diperlukan strategi pembelajaran yang tepat guna mencapai tujuan pembelajaran yang diha- rapkan. Dalam kerangka pembelajaran kimia, siswa mesti dilibatkan secara mental, fisik dan sosial untuk membuktikan sendiri tentang kebenaran dari teori- teori dan hukum-hukum kimia yang telah dipelajarinya melalui proses ilmiah. Salah satu model pembelajaran yang menggunakan pembelajaran siswa sebagai pusat pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif teknik NHT. Dalam pelaksanaannya pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat merubah peran guru dari peran terpusat pada guru ke peran pengelola aktivitas kelompok kecil. Sehingga dengan demikian peran guru yang selama ini monoton akan berkurang dan siswa akan semakin terlatih untuk menyelesaikan berbagai permasalahan, bahkan permasalahan yang dianggap sulit sekalipun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas model pembela- jaran kooperatif tipe NHT dalam meningkatkan penguasaan konsep pada materi kesetimbangan kimia. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa siswi kelas XI SMA Gajah Mada Bandar Lampung yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa siswi kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 SMA Gajah Mada Bandar Lampung semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011-2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest-Posttest) Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe NHT diukur berdasarkan perbandingan selisih skor posttest dan pretest dengan selisih nilai maksimum dan pretest (gain ternormalisasi). Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata n-Gain penguasaan konsep kesetimbangan kimia siswa dengan pembe- lajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi daripada rata – rata n-Gain penguasaan konsep kesetimbangan kimia siswa dengan pembelajaran non NHT. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep kesetimbangan kimia pada siswa kelas XI IPA SMA Gajah Mada Bandar Lampung.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Dec 2015 01:57
Terakhir diubah: 07 Dec 2015 01:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15251

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir